Regenerasi Atlet di Kota Manado Memprihatinkan

Haefrey Sendoh (tengah) saat memberikan arahan dalam rapat pemantapan launching Liga Pelajar Kota Manado yang rencananya akan dilaksanakan 4 Mei mendatang.(foto: hms)

Haefrey Sendoh (tengah) saat memberikan arahan dalam rapat pemantapan launching Liga Pelajar Kota Manado yang rencananya akan dilaksanakan 4 Mei mendatang.(foto: hms)

MANADO, oke – Tak bisa dipungkiri, prestasi yang ditorehkan Firman Utina, Deysie Sumigar, Deyana Lomban dan Bonyx Saweho telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Kiprah mereka di dalam arena telah berhasil mengangkat merah-putih berkibar di puncak tertinggi.

Namun, yang dikhawatirkan saat ini adalah ketika mereka mulai termakan usia, secara otomatis kemampuan mereka menurun bahkan terbenam seiring menurunnya stamina. Terkait persoalan tersebut, sejumlah kalangan berpendapat bahwa, jika pemerintah tidak secepatnya mengambil langka bijak maka hampir pasti ke depannya prestasi di dunia olahraga hanya akan menjadi mimpi belaka.

“Pemerintah jangan tinggal diam, pembinaan atlet usia dini bisa dijadikan satu solusi demi memantapkan regenerasi atlet,” kata Jemsen, salah seorang mahasiswa di Universitas Negeri Manado, Jurusan Pendidikan Olahraga, Jumat (12/4).

Menanggapi masalah tersebut, Pemerintah kota Manado melalui Sekretaris Kota Haefrey Sendoh menyatakan bahwa menghasilkan atlet-atlet pelapis yang mumpuni merupakan kerinduan pemerintah saat ini. Nah, sebagai realisasinya kata Sendoh, liga pelajar akan dijadikan salah satu solusi. Diharapkan pimpinan sekolah berserta para guru akan mensuport program tersebut.

“Kepsek yang cerdas dan ditopang oleh pelatih serta pengurus yang hebat diyakini akan mampu menghasilkan atlet-atlet muda berbakat,” terang mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, tersebut.
Sementara itu, untuk iven liga pelajar rencananya akan diselenggarakan di tahun berjalan ini dan akan mempertandingkan 5 cabang olahraga yakni Bridge, Bulutangkis, Atletik, Sepakbola dan Tenis Meja.

“Mudah-mudahan lewat iven ini akan tercipta persaingan sehat di antara atlet-atlet mudah serta membangkitkan kembali olahraga di kota Manado,” harapnya.

Direktur Badan Liga Pelajar Manado, Albert Mangantar mengatakan, pelaksanaan liga pelajar juga untuk mendukung perkembangan dan kemajuan olahraga di Kota Manado.

“Tujuannya juga adalah untuk pengkaderan atlet-atlet muda potensial,” tutur Mangantar, diaminkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Drs. J.L. Sondakh. (rep1)

Comments

comments

Posted by on 12 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *