Gubernur Sarundajang Warning Incumbent yang Ikut Pilkada

Gubernur ingatkan Bupati dan Walikota soal keterlibatan dalam Pilkada(foto: hms)

Gubernur ingatkan Bupati dan Walikota soal keterlibatan dalam Pilkada(foto: hms)

MANADO, Oke – Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang  dalam meyikapi  setiap peristiwa yang terjadi  ditanah air  akhir-akhir ini terkait dengan pelaksanaan Pilkada Bupati/Walikota  yang sering mewarnai terjadinya instabilitas daerah, sehingga mengakibatkan terjadinya pembakaran terhadap berbagai fasilitas  negara, membuat Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang gerah.

Saat membuka  Rapat Fasilitasi Koordinasi Pimpinan Daerah Dalam Mewujudkan Ketrentaman Dan Ketertiban Masyarakat, yang diikuti Unsur Forkopimda Sulut, Bupati Walikota bersama unsur Muspida, serta pejabat eselon II Pemprov dan kab/Ko di Hotel Novotel Manado, Rabu (10/4).
Gubernur mengingatkan kepada para Bupati/Walikota (incumben) yang ikut kembali dalam  Pemilukada di Kab/Ko masing-masing,  supaya mampu menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.
“Bagaimana itu, seni kepemimpinan saudara sangat menentukan sehingga tidak terjadi instabilitas,” pesannya mengingatkan.
Untuk itu sarundajang berharap kepada Kepala daerah, agar mantapkan koordinasi dengan unsur Muspida, hingga pimpinan masyarakat paling bawah, jangan sekali-kali memobilisir PNS untuk terlibat dalam politik praktis, termasuk memanfaatkan Panitia Penyelenggaran Pemilu dan instansi teknis lainnya.
“Berpolitik dalam kesantunan, jangan terlalu overkonfidensi, serta jalankan proses pemerintahan dan pembangunan sampai pada ijin berkampanye.  Hal itu penting di sampaikan agar saudara yang akan tampil sebagai incumbent dalam pemilukada ini, benar-benar bisa meyakinkan, karena taruhannya adalah jabatan saudara  yang sementara di pegang saat ini,” ujar sarundajang.
Diakuinya tensi politik di beberapa daerah  yang akan menyelenggarakan pilkada, dinamikanya mulai terasa, walaupun heating politik masih wajar-wajar. Mudah-mudahan tensi politik ini bisa dipertahankan hingga  sampai pada  pelaksanaan pilkda nanti, harap Gubernur

Gubernur menyebutkan,  ada lima Kabupaten/Kota  di sulut  pada pertengahan hingga akhir tahun 2013 ini akan menggelar Pemilukada. Ke  lima daerah tersebut  secara berturut-turut yaitu Kabupaten Bolmut,  Mitra, Sitaro, Kotamobagu dan kabupaten Talaud. Khusus Pilkada Kabupaten Talaud dimajukan karena masa berakhir bersamaan dengan pemilihan legislatif (Pileg).

Asisten Pemerintahan dan Kesra  Drs Mecky M Onibala MSi menyebutkan, kegiatan tersebut dalam rangka memperkuat kewenangan Gubernur terkait dengan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah kab/ko, menjaga kehidupan berbagsa dan bernegara serta memelihara keutuhan NKRI.(hms/rep004)

Comments

comments

Posted by on 11 April, 2013. Filed under Breaking News,Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *