Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2013 Perpanjang Nafas Kandidat Kepala Daerah

Ilustrasi Kandidat Pilkada(foto:ist)

Ilustrasi Kandidat Pilkada(foto:ist)

KOTAMOBAGU, Oke – Para Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu yang akan bertarung 24 Juni mendatang tidak perlu khawatir apabila belum berkesempatan terpilih, karena mereka bisa mengalihkan atau meneruskan ‘perjuangan’ politiknya pada Pemilu Legislatif.

Kelegaan itu diperoleh setelah Komisi Pemilihan Umum(KPU) menerbitkan Peraturan Nomor 13 tahun 2013 yang merubah Peraturan KPU(PKPU) Nomor 7 Tahun 2013 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Menurut komisiner KPU Kotamobagu Amir Halatan, pada Peraturan nomor 13 itu, Pasal 47 pada Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2013 yang terdiri atas dua(2) ayat telah dihapus.

“Ayat 1 pasal 47 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 menyebutkan calon kepala daerah yang telah ditetapkan oleh KPU daerah tidak bisa dicalonkan oleh partai politik(Parpol) sebagai anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.
Ayat kedua menegaskan kalau calon legislator yang telah mengikuti pencalonan pada Pemilukada secara otomatis tidak memenuhi syarat atau gugur,” papar Amir, kepada okemanado.com, Senin(8/4).

Dengan demikian, lanjutnya, para kandidat Walikota dan wakil Walikota Kotamobagu saat ini, yang mayoritas menjabat pimpinan Parpol maupun bersatus legislator, bisa dicalonkan kembali oleh Partai politik sebagai Calon Legislatif, baik tingkat Kota, Provinsi maupun pusat.

“Dan ini berlaku secara nasional,” terangnya.(Knb/Fik)

Comments

comments

Posted by on 8 April, 2013. Filed under Breaking News,Bumi Totabuan,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *