Parah! Mayoritas Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sulut Masih Gaptek

Ilustrasi gaptek(foto: ist)

Ilustrasi gaptek(foto: ist)

MANADO, Oke – Sungguh menggelikan! Di saat pemerintah pusat gencar menggalakan program internet masuk desa, agar mempermudah seluruh masyarakat dalam mengakses infomrasi terkini, justru sebagian besar pemerintah Kabuoaten dan Kota di Sulut, terbilang masih Gagap teknologi(Gaptek)

Berdasarkan Browsing okemanado.com, diperoleh data fantastis mengenai sejumlah Kabupaten dan Kota, yang tidak atau belum mampu mem-follow up program pemerintah pusat dalam hal kemajuan teknologi.

Selain sangat lambat, ada yang website atau blog-nya sudah berstatus non aktif.

Blog Humas Pemkab Sitaro terakhir postingan tanggal 7 Agustus 2012. Itupun hanya berisikan beberapa foto. Sedangkan website pemerintah(sitaro.go.id) terakhir tanggal 23 Maret 2013. Itu juga setelah postingan terakhir 16 Desember 2011 atau hampir dua tahun silam.

Kemudian Kabupaten Minsel. Saat ini sudah memiliki Akun FB, namun hanya atau baru berisikan foto-foto kegiatan Bupati, tanpa ada berita dari kehumasan, selain hanya menampilkan postingan media massa.

Selanjutnya Pemkab Bolsel. Website pemkab Bolsel sangat lamban dalam menyajikan informasi. Misalnya saja, informasi penandatangan Pakta Integritas yang diikuti Bupati di kantor Gubernur tanggal 3 April, baru diposting tanggal 8 April.

Menuju ke Kabupaten Kepulauan Sangihe. Website Pemkab Sangihe(sangihe.go.id), postingan terakhir tanggal 5 April setelah sebelumnya melakukan postingan tanggal 26 Maret 2012.

Website Pemkab Bolmut yakni bolmut.go.id sekarang sudah tidak aktif atau mungkin lagi rusak/dalam pengembangan. Ada juga blog humasnya, tapi postingan terakhir tanggal 4 Februari 2013

Pemkab Boltim lebih parah lagi. Ada blog humas, tapi isinya kosong. Sedangkan website pemkab tidak ada.

Kondisi serupa ditemukan pada Pemkab Minahasa Tenggara dan Pemkab KepulauanTalaud.

Sementara itu untuk Pemkab Minahasa, website minahasa.go.id lancar namun belum ada postingan bagian kehumasan

Khusus Pemkab Minut, memiliki website pemerintah(minahasautara.go.id), namun postingan terakhir tanggal 27 Februari.

Sementara itu, Pemkot Kotamobagu dengan website-nya kotamobagu.go.id saat ini yang terpampang adalah error loading modules. Sedangkan blog humas, postingan terakhir tanggal 3 Mei 2012.

Dari data-data tersebut bisa dibayangkan bagaimana masyarakat luas bisa mengakses informasi pemerintahan, padahal saat ini, masyarakat yang bermukim di kepulauan, pun di daerah terpencil sudah banyak yang akrab dengan dunia maya melalui fasilitas modem, selular dan sejumlah sarana internet lainnya.(Fik)

Comments

comments

Posted by on 8 April, 2013. Filed under Breaking News,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *