Tidak Direspon Kementrian PU, Pemprov DKI Perbaiki 50 Lubang di Jalan Nasional

Salah satu perbaikan jalan rusak(foto:ist)

Salah satu perbaikan jalan rusak(foto:ist)

JAKARTA, Oke – Pemberitahuan sekaligus usulan perbaikan terhadap 50 lubang yang menyebar di sepajumlah jalan yang masuk kategri jalan nasional dari Pemprov DKI melalui Dinas PU ke Kementrian PU belum juga direspon.

Untuk itu, demi keselamatan pengguna jalan, terutama pengendara roda dua, pihak Dinas PU DKI berinisiatif melakukan perbaikan.

Dijelaskan Kasie Pemeliharaan Jalan Sudin PU Jalan Jakarta Utara, Budi Mulyanto ke-50 lubang itu tersebar di tiga jalan nasional di wilayah Jakarta Utara.

“Ketiga jalan itu meliputi Jl Yos Sudarso, Jl Perintis Kemerdekaan, dan Jl Akses Marunda, dengan tingkat kerusakan 1 hingga 2 meter persegi untuk satu lokasi lubang,” tukas Budi, Jumat(5/4).

Hanya saja, dengan mempertimbangkan anggaran, lanjut Budi, perbaikan yang dilakukan hanya bersifat ringan dan urgensif.
“Kalau yang bersifat berat seperti di jalan Jampea, jalan Cakung Cilincing dan jalan Yos Sudarso, perbaikannya bersifat menyeluruh,” terangnya.
Ditambahkannya, di Jakarta Utara sendiri terdapat 18 titik jalan nasional yang merupakan kewenangan Kementerian PU yaitu, Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Yos Sudarso, Jl Sulawesi, Jl Raya Pelabuhan, Jl Jampea, Jl Cilincing Raya, Jl Enggano, Jl Taman Stasiun Tanjungpriok, Jl RE Martadinata, Jl Lodan, Jl Kerapu, Jl Pakin, Jl Gedong Panjang, Jl Pluit Selatan Raya, Jl Jembatan Tiga, Jl Jembatan Dua, Jl Cakung Cilincing, dan Jl Akses Marunda.
Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Utara, AKP Daud Iskandar menuturkan, saat ini kecelakaan sudah hampir menyebar secara merata di enam kecamatan di Jakarta Utara. Namun, lokasi rawan kecelakaan berada di Jl Jampea, Jl Cakung Cilincing, dan Jl Akses Marunda karena jalan rusak dan berlubang.
“Penyebab terjadinya kecelakaan biasanya akibat human error dan jalan rusak. Sejauh ini dalam seminggu rata-rata terjadi 8 kecelakaan dengan menimbulkan 2 korban tewas. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya yang rata-rata dalam seminggu terjadi 10 kecelakaan dengan 4 orang tewas,” tandasnya.(jkt.go/rep006)

Comments

comments

Posted by on 7 April, 2013. Filed under Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *