Pengadilan Tinggi Periksa Hakim dan Pegawai PN Manado

Muhammad Yunus Wahab.(foto: dok/ptmanado)

Muhammad Yunus Wahab.(foto: dok/ptmanado)

MANADO, oke – Tim pengawas Pengadilan Tinggi Manado memeriksa seluruh pegawai dan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (4/4) terkait pelanggaran sejumlah yang diadukan masyarakat

Menurut tim pengawas juga selaku Humas PT Manado Drs Muhammad Yunus Wahab SH pemeriksasan itu, terkait  pelanggaran yang dilakukan para hakim.

“Yang jelas pemeriksaan ini untuk memberikan pembinan terhadap hakim-hakim yang melakukan pelanggaran,” ungkap Humas Pengadilan Tinggi Manado Drs.Muhammad Yunus Wahab kepada okemanado.com,  Jumat (5/4).

Wahab menjelaskan, dari pemeriksaan yang dilakukan hampir seharian itu, ditemukan banyak pemberkasan yang tidak sesuai pada perkara inti. Di antaranya perkara yang seharusnya sudah diputus kurang lebih 6 bulan ternyata melewati batas waktu, termasuk banding, kasasi, dan Peninjauan Kembali (PK) belum juga dikirim.

“Semua itu kami pertanyakan kenapa terjadi hal yang demikian. Apalagi seseuai KUHAP proses banding paling lama 1 bulan harus sudah dikirim ke PT,” jelas Wahab.

Ditambahkan Wagab, usai melakukan pemeriksaan pihaknya membuat perjanjian yang termaktub dalam pakta integritas kepada seluruh hakim yang ada. Hal ini bertujuan agar lembaga peradilan khususnya PN Manado bisa dipercaya oleh masyarakat yang sedang berproses hukum.

“Bila perjanjian itu tidak ditaati oleh hakim, hakim pengawas akan memberikan sanksi. Untuk sanksi tergantung pelanggaran,” tegas Wahab.(rep2)

Comments

comments

Posted by on 5 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *