Gunung Karangetan Muntahkan Lava Pijar dan Batuan

Aktivitas Gunung Karangetang, Jumat (5/4).(foto: tvone)

Aktivitas Gunung Karangetang, Jumat (5/4).(foto: tvone)

MANADO, oke – Alam kembali menyerukan tanda awas kepada warga Siau yang terletak di Kabupaten Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Kamis (4/4) sekira pukul 21.19, aktivitas salah satu gunung api paling aktif di wilayah nusa utara tersebut meningkat.

Aktivitas yang terjadi berupa muntahan lava pijar dan batuan sehingga membuat aktivitas warga desa Kehetang, Batu Awang, Keting dan Behe di Kecamatan Siau Timur terganggu. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulut, Hoyke Makarawung, masyarakat yang berdomisili di seputaran bencana telah dihimbau untuk mengungsi ke tempat yang relatif aman.

“Demi keamanan, warga telah diungsikan ke kantor kelurahan Bebali dan Gereja Tampuna,” kata Makarawung sembari menambahkan bahwa statusnya masih siaga.

Sementara itu, Kepala BPBD Sitaro masih terus melakukan koordinasi sebagai upaya antisipasi bencana susulan. Informasi terakhir yang berhasil dihimpun, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

“Aktivitas gunung terus menurun namun warga tetap diminta waspada,” tutupnya.(rep1)

Comments

comments

Posted by on 5 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nusa Utara,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *