Dewan Minta KPU Perjelas Presentasi Keterlibatan Politisi Wanita

Linneke Kotambunan.(foto:ist)

Linneke Kotambunan.(foto:ist)

Manado, Oke—Dewan Kota (Dekot) Manado melalui Linneke Kotambunan dan Tony Rawung meminta pihak KPU Manado untuk memperjelas presentasi keterlibatan politisi wanita dalam penetapan Calon Legislatif (Caleg) bagi masing-masing parpol. Pasalnya, perhitungan 30 persen tersebut lebih menguntungkan kaum perempuan.

“Saya dengar kalau dulu, bila calegnya berjumlah 7 orang, maka harus ada dua wakil perempuan. Sedangkan yg sekarang, bila calegnya 7 ke atas, maka harus ada 3 wakil perempuan. Bila tidak maka pihak KPU akan mengembalikan berkas kepada partai yang bersangkutan,” kata Linneke Kotambunan.

Senada dengan Linneke, Politisi PDIP Tony Rawung menegaskan, mesti ada kepastian jelas dari pihak KPU untuk presentasi keterwakilan perempuan.

“Bila dikatakan perhitungannya jelas, maka jelasnya bagaimana? Kan sampai sekarang masih diperdebatkan. Kalau ikut perhitungan biasa, maka yg akan diuntungkan adalah perempuan. Ini mesti diperjelas. Bagaimana perhitungannya dan kefektifannya. Sebab meski ini aturan yang mewajibkan tapi toh, bukan tidak mungkin ada partai yang malah tidak ada keterwakilan perempuan sama sekali, karena mungkin juga pengaruh minat ataupun banyak dari mereka yang lebih condong bergabung ke partai penguasa,”

Sementara itu, hingga berita ini diturunkna Ketua KPU Manado Ir. Conny Palar MSi belum berhasil dikonfirmasi.(rep4)

Comments

comments

Posted by on 5 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *