Disperindag Bolmong Ajak Warga, Turut Awasi Kualitas Barang dan Jasa di Pasaran

Salah satu pedagang di pasar Lolak(foto:frb)

Salah satu pedagang di pasar Lolak(foto:frb)

BOLMONG, Oke – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bolmong memperingatkan setiap warganya, agar tidak kecolongan dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasanya. untuk itu, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pemkab Bolmong mengajak warga turuts erta dalam melakukan fungsi pengawasan lapangan

“Masyarakat harus turut serta dalam pengawasan peredaran barang dan jasa di pasaran,” tegas Kadis Perindustrian dan Perdagangan Bolmong Ir. George E.D. Tanor.

Menjurutnya, meski telah ada UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang di dalamnya berisikan mengenai fungsi pengawasan peredaran barang dan jasa, Tanor berharap partisipasi aktif setiap masyarakat tetap dibutuhkan.

“Pengawasan masyarakat lebih pada pengawasan standar, label, klausula baku, pelayanan purna jual, dan cara menjual,” ujarnya.

Pentingnya peranserta masyarakat dalam hal pengawasan, lanjut Tanor, telah diatur dalam PP Nomor 59 tahun 2001. Dalam mana, masyarakat melalui lembaga-lembaga swadaya bisa melakukan pengawasan berkala.

“Hal itu penting untuk dilakukan, demi menghindari masuknya barang atau jasa yang dibeli serta dikomsumsi tidak sesuai standarisasi kesehatan dan kualitas,” tukasnya.

Peringatan sekaligus ajakan Pemkab Bolmong turut dilatarbelakangi oleh terbukanya jalur perdagangan bebas yang memungkinkan masuknya sejumlah barang atau layanan jasa dari luar. Pengawasan terhadap barang dan jasa, termasuk makanan dan minuman serta barang atau benda yang biasa digunakan sebagai kebutuhan masyarakat(hms/fik)

Comments

comments

Posted by on 4 April, 2013. Filed under Breaking News,Bumi Totabuan,Ekonomi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *