Wujudkan Tibum, Satpol PP DKI Jakarta Gandeng 7 SKPD

Sylviana Murni(foto:jkt.go)

Sylviana Murni(foto:jkt.go)

JAKARTA, Oke – Untuk menegakkan ketertiban umum (tibum) di wilayah ibu kota, Satpol PP DKI Jakarta menggandeng tujuh Satuan Kerja Peranggkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI. Terlebih, untuk mewujudkan tibum, diperlukan komitmen bersama dalam menjaga konsistensi penerapan tibum.

Langkah yang diambil Satpol PP DKI ini juga sebagai bentuk sinergi antar SKPD di lingkungan Pemprov DKI dalam upayanya mewujudkan ketertiban umum di tengah-tengah masyarakat.

“Pernyataan ini dilakukan karena kami sama-sama menyadari pelaksanaan tibum di beberapa sarana dan prasarana umum serta sosial belum terpelihara seperti yang diharapkan,” ujar Plt Kasatpol PP DKI Sylviana Murni saat penandatanganan komitmen dengan SKPD terkait di Balaikota DKI, Rabu (3/4).

SKPD atau dinas yang dilibatkan dalan penandatangan komitmen ini yakni, Dinas Perhubungan(Dishub), Dinas Pekerjaan Umum(PU), Dinas Kebersihan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan(P2B), Dinas Sosial dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB).

Dikatakan Sylvi, permasalahan tibum sudah seharusnya ditanggulangi bersama bukan hanya diatasi sendiri oleh Satpol PP. Harus ada koordinasi, kerjasama, dan kemitraan antar SKPD.

“Ini merupakan wujud saling melengkapi, saling mendukung, dan saling bersinergi sesuai dengan sumber daya manusia, tugas, fungsi dan wewenang serta tanggung jawab masing-masing,” katanya.

Pernyataan dalam komitmen yang dibuat dengan tujuh dinas yaitu ketertiban jalan dan angkutan jalan guna mengurai kemacetan dalam berlalu lintas; ketertiban sungai, saluran dan kolam guna menormalisasi sungai, saluran dan kolam yang sebelumnya berfungsi secara optimal; ketertiban mengenai larangan membuang dan menumpuk sampah dijalan, jalur hijau, taman sungai dan tempat yang merusak keindahan; ketertiban sosial dalam menertibkan PMKS; dan ketertiban bangunan.

“Lalu, ketertiban tempat usaha yang dalam hal ini pedagang kaki lima, dan menjaga keamanan dan ketertiban lokasi kebakaran serta membantu mengevakuasi korban kebaran di TKP. Pokoknya personil Satpol PP yang berjumlah 6.170 orang siap mewujudkan Jakarta Baru yang tentram dan tertib,” tandas Sylvi.(Jkt.go)

Comments

comments

Posted by on 3 April, 2013. Filed under Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *