Setubuhi Keponakan, Ale Dituntut 9 Tahun Penjara

Ilustrasi.(foto: tempo.co)

Ilustrasi.(foto: tempo.co)

MANADO, Oke – Yantje alias Ale (27), warga Kelurahan Taas Lingkungan III, Kecamatan Tikala, dituntut 9 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ezra Rungkat SH terkait kasus dugaan persetubuhan terhadap anak di bawah umur sebut saja Mentari (7), yang diketahui merupakan keponakannya sendiri.

Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Selasa (2/4),  JPU menyebutkan perbuatan terdakwa  melanggar pasal 81 Ayat (1) Undang-undang  RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Selama proses sidang terdakwa tidak pernah mengakui perbuatannya sehingga mempersulit jalannya persidangan. Makanya kami anggap itu salah satu yang memberatkan hukumannya,” kata Rungkat di hadapan Ketua Majelis Hakim  Willem Rompies SH, Aris Bokko SH dan Efran Basuning SH Mhum, sembari menambahkan hal yang meringkankan, terdakwa belum pernah dihukum.

Menariknya, setelah  JPU mebacakan tuntutan  yang dilanjutkan dengan agenda pembelaan, terdakwa Ale langsung melakukan  pembelaan meskipun secara  lisan.

“Pak hakim saya minta bebas dari tuntutan JPU, jika majelis berpendapat lain saya minta hukuman yang seringan-ringannya. Kalau bisa dikurangi 4 tahun dari tuntutan tersebut,” minta Ale yang didampingi penasehat hukum  Markus Tojang SH MH,Victor Kuhu SH MH dan David Moleong SH MH serta Mariska Polii SH.

Usai sidang digelar, salah satu tim penasehat hukum terdakwa, Markus Tojang SH MH kepada sejumlah wartawan mengatakan, di mana waktu dan tempat kejadian sudah tidak sesuai. Pasalnya terdakwa saat itu  tidak bermaksud untuk melakukan perbuatan cabul terhadap keponakannya sendiri.

“Kan kejadiannya  pada  Oktober tahun lalu kenapa baru divisum pada bulan Desember dan hasil visum hanya  lecet saja,” jelas  Tojang.

Sebagaimana Dakwaan JPU, peristiwa terjadi pada Oktober 2012 sekira pukul 14.00 Wita, di kelurahan Taas Lingkungan III,  Kecamatan Tikala. Saat itu Mentari bermain petak umpat bersama teman-teman korban, kemudian terdakwa menyuruh korban untuk bersembunyi di kamarnya. alhasil  nafsu bejatnya timbul, sehingga tega melakukan pelecehan terhadap Mentari yang tidak lain keponakannya sendiri.(rep2)

Comments

comments

Posted by on 3 April, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *