Pemkot: Waspada Modus Penipuan dan Tawaran Kerja ke Luar Negeri

Oke – Menindak lanjuti Lokakarya yang dilaksanakan oleh Kementerian Luar Negeri yang dilaksanakan di Aston Hotel Manado beberapa hari yang lalu, dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Diplomasi dan Kerjasama Teknis yang di buka oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Siswa Rahmat Mokodongan yang dalam sambutannya mengatakan Diplomasi publik untuk mempengaruhi banyak orang dan menjadi harapan kita semua melalui aparatur Negara sekaligus memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini di Sulawesi Utara.

tki

Dalam Lokakarya ini terungkap melalui pemaparan dari beberapa pemateri yang menyampaikan tentang kegiatan diplomasi dan kerjasama luar negeri. Hal yang patut mendapat perhatian yang khusus dalam Lokakarya ini yaitu menyangkut Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif, Kerjasama Antar Negara, Tenaga Kerja Indonesia dan Perlindungan Warga Negara Indonesia di Luar Negeri.

Dan dari beberapa materi yang telah disampaikan, pembahasan tentang peran Negara Dalam Perlindungan Warga Negara Indonesia di Luar Negeri patut mendapat perhatian extra, menurut Kasubag Humas Djufry Rorong bersama Kasubag Protokol Deesie Kaluntas, S.Pd yang mengikuti kegiatan ini bersama perwakilan dari Indonesia Timur.

Keduanya sepakat mengatakan bahwa sangat penting untuk disampaikan dan diinformasikan kepada publik untuk diketahui oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Tomohon dan sekitarnya.

Hal ini berkaitan dengan berbagai iming-iming dan tawaran menggiurkan yang di sampaikan oleh para penyalur tenaga kerja kepada calon tenaga kerja yang akan keluar negeri.

Banyak kejadian yang menimpa tenaga kerja Indonesia di Luar Negeri yang direkrut secara Ilegal, di timpah masalah dan akhirnya menyengsarakan TKI itu sendiri bersama keluarga bahkan Pemerintah RI harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk menangani persoalan-persoalan TKI, seperti yang disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Internasional Bapak Tatang Budie Utama Razak.

Selanjutnya mempertegas himbauan ini, Walikota Tomohon Jimmy F.Eman,SE.Ak melalui Kepala Bagian Administrasi Hubungan dan Kemasyarakatan R.A. Lengkong,SSTP Mengharapkan agar para Camat dan Lurah untuk menyampai-nyampaikan kepada seluruh masyarakat agar hati-hati dan waspada dengan modus penipuan dan tawaran kerja ke Luar Negeri. (Tim Humas)

Comments

comments

Posted by on 2 April, 2013. Filed under Breaking News,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *