Tidak Layak Komsumsi, Lintas Instansi Bolmong Periksa Depot Air Minum

Kualitas depot air minum isi ulang memang harus terus diawasi dan diuji(foto: ist)

Kualitas depot air minum isi ulang memang harus terus diawasi dan diuji(foto: ist)

BOLMONG. Ok – Berdasarkan laporan masyarakat tentang Depot Air Minum  yang diduga tidak layak konsumsi, maka Dinas Kesehatan, UPTD Laboratorium Kesehatan Lingkungan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bolmong  mengadakan pemeriksaan terpadu di wilayah Bolaang Mongondow.

Dari Hasil pemeriksaan yang dimulai di Wilayah Dumoga bersatu, hingga Kecamatan Sang Tombolang Desa Maelang sejak selang bulan Maret tahun ini,ditemui beberapa Depot Air Minum tidak memenuhi standar kelayakan administrasi usaha maupun pelayanan semisal tidak dapat memperlihatkan ijin usaha, tidak melakukan uji sampel secara teratur serta tingkat kebersihan depot yang kurang memenuhi standar.

Terkait hal  ini Kepala Disperindag Bolmong Ir. George E. D. Tanor melalui Petugas Pengawas Barang dan/atau Jasa terus memberikan  Pembinaan Khusus guna kelayakan dan kelangsungan usahanya  termasuk upaya pemanggilan kepada pemilik usaha depot air tersebut.

Tanor menjelaskan Pengawasan dimaksud, berpedoman pada Pelaksanaan Penyelenggaraan Hygiene Sanitasi  Depot Air  Isi Ulang, di mana untuk dapat langsung dikonsumsi, air minum yang dihasilkan oleh Depot Air Minum/Depot Air Isi Ulang harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 907 Tahun 2002 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum. Untuk menjamin kualitas air minum dilakukan pengambilan sampel secara periodik minimal 6 bulan sekali dan pemeriksaan kualitas bakteriologis air minum dilakukan setiap kali pengisian air baku.

“Sanitasi Depot harus baik, guna untuk mengendalikan faktor-faktor yang mungkin dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Depot juga harus memakai botol atau gelon yang bermerek Perusahaan Depot yang dimaksud bukan botol atau gelon bermerek perusahan lain, juga jika saat menjual tidak menyebutkan produk atau merek lain” ujar Tanor, Kamis(28/3).

Sementara itu Petugas Pengawas Barang danatau Jasa Bolmong Daendels Somboadile, SE  berharap Para Pelaku Usaha Depot Air Minum Depot Air Isi Ulang dapat memenuhi aspek kesehatan maupun perdagangannya sebagai suatu kewajiban pelaku usaha untuk beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya serta memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi barang, sebagaimana amanat undang-undang perlindungan konsumen.(humas)

Comments

comments

Posted by on 1 April, 2013. Filed under Breaking News,Bumi Totabuan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *