Turlap di TKB Pansus Parkir Pakai Formula Khusus Guna Tingkatkan PAD

Guna menggenjot PAD, Pansus Parkir Dekot Manado tawarkan formulasi khusus hasil kajian di lapangan.(foto:ist)

Guna menggenjot PAD, Pansus Parkir Dekot Manado tawarkan formulasi khusus hasil kajian di lapangan.(foto:ist)

Manado, Oke–Upaya meningkatkan keuntungan di sektor PAD terus dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado. Buktinya baru-baru ini Panitia Khusus (Pansus) Perparkiran Dewan Kota (Dekot) Manado melakukan peninjauan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) dan di beberapa Jalan Raya.

Menurut anggota Pansus Parkir Sonny Lela, aksi turun lapangan (turlap) ini bertujuan mengumpulkan data di lapangan untuk dimasukkan dalam Ranperda.

“Data-data tersebut akan dimasukkan ke dalam ranperda untuk ditindaklanjuti lagi. Apalagi, pansus melihat, selama ini pengelolaan parkir di TKB dan beberapa titik jalan raya yang diolah Dinas Perhubungan Kota Manado belum maksimal,” kata Lela yang terkenal vokal ini.

Padahal, dijelaskan anggota Fraksi Golkar ini, dari hasil kajian dan pantauan di lapangan secara langsung, baik TKB dan beberapa jalan raya, masih banyak potensi utk meningkatkan PAD Perpakiran.

“Banyak potensi PAD yang bisa diolah. Karena itu, haruslah dilakukan secara terstruktur sehingga tidak terjadi kebocoran. Buktinya, pada area perparkiran di TKB, selama ini tidak ada tanda untuk meningkatkan pelayanan serta tidak semangat mau merubah sistim manual ke digital. Apalagi, hampir setiap tahun, kendaraan di Kota Manado mengalami peningkatan yang signifikan. Kenaikannya hampir 200 persen,” tandas Lela.

Atas hal ini, pansus mengusulkan solusi efektif guna meningkatkan lagi proses penarikan retribusi parkir di area tersebut.

“Sementara ini, PAD dari sektor perparkiran hanya disetor ke kas daerah dengan kenaikan hanya kisaran 20 persen. Untuk itu Pansus akan mencari formula yang tepat mengelola perparkiran di Kota Manado. Kemungkinan besar bisa diswastanisasi, sehingga ada perubahan dalam pendapatan dan pelayanan. Hal serupa akan diterapkan pula di beberapa wilayah khusus seperti Bandara, Kawasan Mega Mall, Kawasan Mantos, dll. Hal ini juga kami akan ditata dalam ranperda dan prasyarat lain guna menggenjot PAD,” imbuh Lela kembali.

Comments

comments

Posted by on 30 March, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *