Tuborcolocis Intai Warga Manado

Robby Jansen Mottoh.(foto: okemanado.com)

Robby Jansen Mottoh.(foto: okemanado.com)

Manado,Oke  – Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Robby J Mottoh meminta warga untuk terus tingkatkan kewaspadaan terhadap serangan bakteri tuborcolis (TBC), karena jika tidak maka penyakit yang sangat menular ini bisa saja mendatangkan bencana. Menurut data yang dirilis Dinas Kesehatan, sampai akhir 2012 tercatat ada 1732 penderita.

“TBC bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Kaya atau miskin, tua muda punya peluang yang sama,” kata Mottoh, Rabu (27/3).

Jika berkaca dari data yang ada kata Mottoh, jumlah penderita TBC di kota Manado saat ini tergolong tinggi. Bahayanya, jika warga tidak waspada maka bisa dipastikan jumlah penderita akan terus meningkat. Nah, untuk menjaga diri dari serangan bakteri Tuborcolcis kata Mottoh, Makanlah makanan yang sehat, istirahat yang cukup serta rajin berolahraga.

 “Usahakan daya tahan tubuh tetap terjaga,” sarannya.

Di samping itu, pasien yang sudah tertular diserang TBC diharapkan tidak merasa minder ataupun malu.

“Segera ke dokter, karena saat ini telah tersedia obat TBC yang bisa didapatkan secara cuma-cuma,” serunya sembari menambahkan bahwa semua Puskesmas di Manado telah menjadi TBC center.

Artinya, semua penderita akan tetap dilayani. Selain itu, ada juga program pemerintah yakni pengobatan gratis atau universal coverage (UC).

“Pelayanan berlaku untuk semua penyakit tidak hanya TBC,” terangnya. “Cukup menunjukan KTP dan KK, langsung dilayani,” tutupnya. (reporter 1)

Comments

comments

Posted by on 29 March, 2013. Filed under Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *