Kardinal Jorge Bergoglio Terpilih Sebagai Paus Yang Baru

1Vatikan – Asap putih akhirnya mengepul dari cerobong asap Kapel Sistina di Vatikan, Rabu (13/3/2013) sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Keluarnya asap putih dari cerobong Kapel Sistina menandakan bahwa Paus yang baru telah terpilih.

Sebagaimana dilansir kantor berita AFP, Kamis (14/3/2013), Paus baru yang terpilih ini menggantikan Benediktus XVI sebagai pemimpin 1,2 miliar umat Katolik se-dunia. Paus yang baru terpilih ini merupakan Paus ke-266 dalam 2.000 tahun sejarah Gereja Katolik.

Sebelumnya memang di isukan calon Paus dari Itali dan Brazil, tetapi malam tadi waktu Roma keputusan Konklaf telah tetap yaitu menetapkan Jorge Mario Bergoglio dari Argentina sebagai Paus Franciscus 1, Paus pertama yang memakai nama Franciscus.

Inilah Paus yang baru menggantikan Paus Benedictus ke XVI, Paus baru ini berasal dari Argentina, bernama asli Jorge Mario Bergoglio. Berusia 76 tahun dan lahir di Buenos Aires – Argentina.

Puluhan ribu umat Katolik di Lapangan St Petrus bersorak saat lonceng Basilika St Petrus berdentang setelah 115 kardinal melakukan pertemuan di konklaf Vatikan yang mengisyaratkan jika keputusan mereka begitu penting. Mereka meneriakkan “Habemus Papam!” (“Kami Memiliki Paus!”) sambil melambaikan bendera dari seluruh dunia.

Dengan demikian maka Paskah hari pertama tanggal 31 Maret 2013, maka Paus yang baru akan memberikan sambutan Paskah untuk seluruh umat di seluruh dunia seraya memperkenalkan dirinya.
Asap putih akhirnya mengepul dari cerobong asap Kapel Sistina di Vatikan, Rabu (13/3/2013) sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Konklaf untuk memilih Paus baru digelar sejak Selasa (12/3) menyusul pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada 28 Februari 2013 lalu. Pemungutan suara perdana belum mendapatkan minimal 77 suara dukungan untuk satu kandidat. Saat dilakukan dua pemungutan suara pada Rabu (13/3/2013), juga belum dihasilkan sebuah keputusan. Hingga pada pemungutan suara keempat, Rabu (13/3/2013) petang, keputusan penting dihasilkan.

Vatikan mengatakan kardinal yang dicalonkan untuk menjadi paus berikutnya akan pensiun ke “Room of Tears” di samping Kapel Sistina untuk mengenakan jubah kepausan dan kemudian berdoa di Kapel Pauline sebelum berbicara di Lapangan Santo Petrus.

Pemilihan Kardinal Jorge Bergoglio untuk mengambil jabatan sebagai Paus Francis I merupakan lompatan yang luar biasa jauh dari sifat konservatif dan hati-hati dari dua papacies terakhir. Meskipun Bergoglio digambarkan sebagai seorang konservatif moderat, para Yesuit memiliki reputasi dalam gereja modern untuk berpikir ketat dan independen, dan di bawah Paus Yohanes Paulus II mereka berada di ketidaksayangan mendalam untuk simpati mereka dengan teologi pembebasan di Amerika Latin, seperti dikutip dari halama utama the guardian. (**)

Comments

comments

Posted by on 25 March, 2013. Filed under Internasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *