Korupsi 773 Juta, Hj Atma Dituntut 4 Tahun 6 Bulan Penjara

korupsi11-ok1Manado, Oke – Hj. Atma, oknum kontraktor dituntut 4 tahun 6 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pingkan Gerungan SH atas kasus dugaan korupsi  ruas jalan Kotabunan Bukaka Boltim Tahun 2010 senilai Rp773 juta.

Tuntutan itu dibacakan di hadapan Ketua Majelis Hakim Nur Hakim SH MH dan anggota majelis hakim  Parlindungan Sinaga SH serta Wenni Nanda SH dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado, Kamis (21/3).

Selain hukuman badan terdakwa harus membayar denda Rp50 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar, diganti pidana kurungan 3 bulan kurungan. Terdakwa juga diharuskan  membayar uang pengganti sejumlah Rp773 juta.

“Bila dalam waktu sebulan uang pengganti tidak dibayar dan putusan itu  sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, harta benda dapat disita dan jika tidak cukup maka diganti dengan pidana penjara 6 bulan,” ujar Gerungan.

Perbuatan terdakwa  melanggar pasal 3 juncto pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang  Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor,sesuai dalam dakwaan subsider.

hal yang memberatkan terdakwa adalah perbuatannya bertentangan dengan program negara dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan perbuatan terdakwa telah mengakibatkan negara cq pemerintah kabupaten Bolaang Mongondouw Timur dirugikan.

Diketahui, kasus ini berawal  dari hasil pemeriksaan fisik pekerjaan diperoleh fakta adanya kekurangan fisik yang tidak  sesuai  spesifikasi teknis dalam kontrak. Antara lain  pekerjaan lapisan resap pengikat tidak dilaksanakan, demikian juga kekurangan aspal dan pembuatan gorong-gorong. Akibatnya  negara dirugikan sebesar Rp773 juta.

Comments

comments

Posted by on 23 March, 2013. Filed under Kriminal. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *