Gugatan Mantos ke PLN Diterima PN Manado, Kejati Tunggu Arahan Kejagung

kameaManado, Oke – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut masih menunggu arahan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk melanjutan kasus dugaan pencurian listrik PLN yang dilakukan pengelola Manado Town Square (Mantos).

“Bila sudah ada perintah dari Kejagung kami akan melanjutkan kasus ini,” kata humas Kejati Sulut Steven Kamea SH, seperti yang dilansir idmanad0, Rabu (20/3).

Sebelumnya, awal Januari lalu gugatan perdata yang dilakukan Mantos ke PLN Manado diterima Pengadilan Negeri Manado.

Belum dilanjutkannya kasus ini karena pihak Kejati masih terkendala dengan adanya putusan perdata antara  PLN dan Mantos.

“Mantos menggugat PLN terkait penurunan tagihan dari Rp41 miliar menjadi Rp11,5 miliar. PN Manado mewajibkan Mantos membayar tagihan listrik sesuai perjanjian yaitu Rp11,5 miliar,” ujar Kamea.

Sebelumnya  kasus ini disebut-sebut pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado merupakan perbuatan pidana karena ada unsur pencurian listrik, namun dugaan ini ternyata salah. Ini dibuktikan setelah PN Manado mengabulkan gugatan perdata yang dilakukan Mantos.

Lebih jauh Kamea menjelaskan  bila Kejagung sudah memberikan arahan terkait putusan perdata Mantos, pihak Kejati akan melakukan pemanggilan terhadap penyidik yang menangani kasus ini.

“Kasihan bila berkas penyelidikan yang dilakukan Jaksa kami limpahkan ke PN Manado apa jadinya nanti?. Kami belum limpahkan berkas ini karena putusan perdata antara PLN dan Mantos sudah lebih dulu. Sudah jelas bila berkas pidana ini kami serahkan ke PN,  pasti putusan sebelumnya akan menjadikan patokan,” jelas Kamea.

Comments

comments

Posted by on 23 March, 2013. Filed under Kriminal,Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *