Tahun Ini, Sarang Walet di Sangihe Naik Menjadi 4,025 juta

1Tahuna KM- Kabar gembira yang dirasakan oleh Masyarakat Kampung Kalama di Daerah Kabupaten Sangihe, dimana harga Sarang burung wallet yang selama ini menjadi tambahan pengahsilan bagi warga setempat, ada kenaikan meski tidak terlalu besar dari 3, 5 juta tahun 2012 lalu kini naik menjadi 4,025 juta/ kilo gram.

Dari pantauan harian ini di kantor Bupati Sangihe, rabu (20/03) kemarin pihak Pemkab Sangihe dan masyrakat melakukan pelelangan walet yang diperebutkan oleh tiga pengusaha yakni Andi Sartono, Dony Baharutan dan Ernes Mandak.

Sementara dalam proses pelelangan tersebut pihak panitia yang dipimpin oleh Asissten II Ir J H Harikedua, Asissten I Drs Hendro Kawuka serta Kabag Ekonomi Drs DJ Damalang, membagi tiga tahapan proses pelengan itu. Dimana disesi I, II, III Dony Baharutan berhasil menyaingi dua rekannnya dengan angka penawaran yang paling tertinggi yakni 4,025 juta rupiah.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Sangihe, Drs DJ Damalang mengatakan, tahun ini masyarakat boleh berbangga hati dan senang, dimana tahun ini harga sarang wallet naik menjadi 4 jutaan dari sebelumnya 3,5 juta, dan panen kali ini besaran yang diperoleh oleh kampung Kalama sebesar 31 kilo dan ini belum nilai bersih, karena masih akan terjadi penyusutan.

Ditambahkan olehnya, Dan perlu diapresiasi kepada para pengusaha yang ikut lelang ini telah menawarkan angka 4 jutaan/ kilogram dan membeli sarang tersebut. “kalau angka pasaran saat ini harga sarang wallet hanya bermain diangka 3,5 juta, tapi pengusaha yang ikut lelang ini berani mengambil langkah penawaran hingga 4 juta. Jadi ini perlu diapresiasi oleh masyarakat,” ungkap Damalang.

Hadir pula dalam kesempatan ini, Anggota dekab Sangihe Fre Jhon Sampakang, Meike Lavarence dan anggota TNI serta kepolisian Sangihe.

Comments

comments

Posted by on 20 March, 2013. Filed under Breaking News,Nusa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *