JWS Akan Pindahkan Pusat Perkantoran

1Tondano, Ok – Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajouw (JWS) berencana akan memindahakan pusat perkantoran di Kabupaten Minahasa wilayah Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara.Tak tanggung-tanggung sejumlah perkantoran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik dinas dan badan yang berada di pusat kota akan dipindahkan di wilayah tersebut,bahkan Kantor Bupati Minahasa salah perkantoran yang nantinya akan dipindahkan oleh .

JWS kepada sejumlah wartawan Senin,(18/3) lalu menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menyusun desain untuk memindahkan pusat perkantoran tersebut.Menurutnya,sebagian besar kantor SKPD Minahasa memang berada di kawasan tersebut, seperti kantor DPRD Minahasa, kantor Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah, Dinas Pasar dan Kebersihan, serta beberapa kantor dinas dan badan lainnya.Dirinya menjelaskan,jika rencana pemindahan pusat pemerintahan dapat terealisasi,akan dapat mempermudah fungsi kontrol dari Pemerintah juga akan berdampak kepada masyarakat pada umumnya.

“Jika pusat perkantoran berada di satu lokasi akan mempermudah fungsi kontrol dari pemerintah.Selain itu juga berdampak kepada pelayanan kepada masyarakat dikarenakan wilayah pusat pemerintahan hanya berada di satu lokasi,”ujar JWS.

Lebih lanjut,JWS mengatakan, rencana pemindahan pusat pemerintahan akan mulai dilakukan pertengahan atau akhir tahun ini.Dirinya menjelaskan,dana yang akan digunakan untuk rencana tersebut akan dianggarkan dalam Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Minahasa yang akan dibahas di pertengahan tahun.Dirinya menjelaskan,jika masih ada dana sisa yang tersedia, maka rencana relokasi perkantoran ini akan segera dilaksanakan.

“Kami menargetkan program ini akan dilaksanakan secara bertahap sampai semua kantor SKPD akan berada dalam satu lokasi.Jika hal ini dilakukan,masyarakat yang datang tidak lagi bingung karena semua perkantoran telah berada pada satu lokasi,” ujarnya.

Ditambahkannya,lahan yang rencananya akan dijadikan lokasi pembangunan kantor-kantor pemerintahan yang baru adalah lapangan sasaran yang memiliki luas seperti lapangan sepakbola yang berada didepan kantor DPRD Minahasa.Menurutnya,untuk melaksanakan program tersebut dirinya belum mengetahui secara pasti jumlah anggaran yang dibutuhkan.Namun dirinya berharap, sebisa mungkin Desember 2013 nanti kantor-kantor SKPD akan selesai dibangun, sedangkan kantor Bupati Minahasa direncanakan akan dikerjakan tahun 2014.

“Besaran anggaran yang dibutuhkan saya belum tahu pasti,tapi kalau dari hitungan satu kantor dananya Rp 500 juta dan akan dibangun 30 kantor maka dibutuhkan dana sekitar Rp 15 miliar,” ujar JWS.

Sebelumnya kantor SKPD yang tidak berada di Kelurahan Sasaran diantaranya,kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga,Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertambangan dan Mineral, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi.

Comments

comments

Posted by on 20 March, 2013. Filed under Minahasa. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *