Dua Kampung di Sangihe Memperebutkan Tapal Batas

Tahuna, Ok – Permasalahan tapal batas antara Kampung Tariang Lama dan Papalaraeng Kecamatan Kendahe hingga saat ini belum juga menemui kesepakatan. Dua kampung tersebut saling mengklaim wilayah perbatasan.

Menurut Budayawan Sovian Lawendatu beberapa hari lalu, ke dua kampung ini saling mengklaim batas wilayah termasuk SMP Negeri Sawang Jauh. “Kalau pemerintah Kampung Tariang Lama mengklaim bahwa daerah tersebut masuk dalam wilayah Kampung Tariang Lama, sedangkan Kampung Papalaraeng juga mengklaim bahwa SMP Negeri Sawang Jauh masih teritorial Kampung Papalaraeng. Karena sebelum dimekarkan menjadi Kampung Papalaraeng SMP tersebut masih masuk wilayah Kampung Sawang Jauh yang di mekarkan menjadi Kampung Papalaraeng,” ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah agar secepatnya menyelesaikan masalah tapal batas dan memecahkan masalah ini dengan arif dan objektif. Kalau ini dibiarkan akan memicuh masalah sosial antara kedua kampung tersebut. Sementara itu Kepala Bagian Pemerintah Desa Drs T Kawasa ketika dikonfirmasi mengatakan, memang diakui tapal batas Kampung Tariang Lama dan Papalaraeng menjadi permasalahan.

Sampai saat ini pihaknya sudah tiga kali mempertemukan kedua belah pihak tetapi tidak juga mendapatakan titik temu. “Pemerintah akan mengambil langka dengan membentuk tim Kabupaten yang melibatkan Camat dan kedua Kapitalaung untuk mencari tahu tapal batas yang sesunggunya. Sehingga permasalahan ini cepat selesai,” tutupnya.(*)

Comments

comments

Posted by on 19 March, 2013. Filed under Breaking News,Nusa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *